Jumat, 17 April 2015

TOP 10 Media Sosial Terpopuler - Social Networkings


TOP 10 Media Sosial Terpopuler - Social Networkings
Social Networkings - Secara umum adalah sebuah wadah (situs) yang menyediakan fasilitas bagi pengguna internet untuk bisa menjalin komunikasi sehari-hari atau menjalin relasi bisnis dengan berbagai kalangan.

Sudah banyak sekali jenis jejaring sosial dengan cara kerja yang berbeda. Namun pada intinya memang hanya satu, yaitu menjalin komunikasi online. Lalu sekarang kita akan membahas mengenai social networking mana saja yang terpopuler. Yuk langsung saja kita baca chart-nya;


#1. Facebook.com

Ya, sudah pasti dan sudah nyata. Tidak mungkin ada orang yang belum pernah dengar yang satu ini. Terlepas dari suka atau tidak suka, facebook sudah sangat populer di seluruh dunia.

Di mulai pada sekitar tahun 2004, facebook sudah menyediakan berbagai fitur yang memanjakan pengguna-nya.

Mulai dari yang awam dan kurang mengerti internet (seperti saya), sampai yang sudah ahli, semua pasti punya akun di facebook ini.

Kepopuleran facebook ini membuat para tim-nya yakni: Mark Zuckerberg, Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, Andrew McCollum dan Chris Hughes, masuk dalam deretan orang-orang paling berpengaruh dan terkaya didunia.. Weiz asek O_O

Untuk ranking / peringkat global juga facebook tercatat sebagai social media nomor satu di banyak negara didunia, terutama di negara kita tercinta Indonesia. Kelebihan dan kekurangan facebook pun sudah saya jelaskan di salah satu artikel saya di blog ini ^_^



#2. Twitter.com

Yup sebuah jejaring sosial serupa microblog. Mulai diperkenalkan pada dunia internet sejak sekitar tahun 2006. Kini twitter tumbuh pesat dan hampir menyaingi facebook.

Bagi yang lebih suka posting status singkat, padat dan jelas, twitter adalah tempat yang tepat. Seperti halnya facebook, kekurangan dan kelebihan twitter ini sudah saya jelaskan di salah satu artikel di blog ini.

Lalu siapa saja sih pendiri awal dari twitter ini? Pencetus / pendiri twitter: Evan Williams, Noah Glass, Jack Dorsey, Biz Stone.

Hampir seluruh pengguna internet juga punya twitter, terutama para selebritis dan politikus. Tetapi untuk orang awam biasa, sepertinya masih banyak juga yang kurang berminat dan kurang mengerti cara memakai twitter.

Well terlepas dari itu, rangking global twitter di seluruh dunia memang merupakan saingan terbesar dari yang terpopuler yaitu facebook. Bagaimana dengan anda? Suka Twitter? ^_^



#3. plus.google.com

Yang ini kepunyaan Google Inc. Seperti yang kita tau bahwa Google adalah website paling familiar dan terpercaya saat ini.

Google+ juga bagian dari Google yang juga berbasis jejaring sosial sejak sekitar tahun 2011. Untuk saat ini kepopuleran google+ semakin mendunia. Untuk bisa mempunyai akun di sini ini juga sangat mudah. Apabila anda sudah punya akun gmail, maka akan secara otomatis anda akan mempunyai akun google+.

Dengan cara masuk ke G+ melalui home akun gmail di desktop (komputer), atau yang paling mudah adalah melalui ponsel terutama smartphone - android. Hanya perlu edit-edit sedikit lah ^_^

Google+ menyediakan layanan profile, google buzz, google map dan beberapa yang lain yaitu Circles, Hangouts, dan banyak lagi.

Tetapi faktanya, (agak ironis), masih banyak juga yang kurang berminat untuk terlalu aktif di google+ ini dengan alasan yang berbagai. Pengguna masih lebih suka aktif di facebook atau twitter.

Salah satu alasan-nya mungkin adalah tampilan profile yang kurang greget atau aplikasi ini akan menyebabkan ponsel menjadi agak lamban saat membuka aplikasi ini. Hmmm? .. Di luar itu, G+ termasuk jejaring sosial yang menarik dan unik.



#4. Instagram.com

Yang ini merupakan tempat berbagi foto dan video singkat terpopuler untuk saat ini (Simak: Website Photo Sharing Terpopuler). Awalnya instagram ini hanya tersedia sebagai aplikasi iOS (iphone / ipad), namun sekarang sudah bisa diakses melalui android, blackberry 10, nokia, symbian, windows phone dan desktop.

Untuk bisa menginstall aplikasi ini bisa di cari di Apple App Store atau Google Play, dan wadah lain, tergantung jenis ponsel yang dipakai. Pastinya gratis. Pada desktop bisa ke www.instagram.com.

Instagram mulai diperkenalkan pada sekitar tahun 2010 oleh Kevin Systrom and Mike Krieger dari Burbn Inc. Namun pada tahun 2012, facebook Inc telah mengambil alih instagram. Sekarang ini file foto dan video singkat yang kita bagi di instagram bisa kita hubungkan ke jejaring sosial lainnya juga, seperti facebook, twitter, tumblr dan flickr.

Ada banyak sekali aplikasi lain untuk peng-editan foto yang tersedia agar foto yang kita sharing itu terlihat lebih bagus dan profesional. (Simak: Aplikasi Photo Editor Terpopuler). Fitur instagram juga hampir sama dengan sosial network yang lain, ada hashtag, ada comment, ada mention, ada like, ada follow, banyak lagi deh.

Hampir semua orang yang mempunyai gadget terkini akan menginstall dan aktif di instagram ini. Sampai-sampai jadi bingung mau upload foto / video yang mana lagi, seperti saya nih bingung. Bagaimana dengan anda? ^_^


#5. Pinterest.com

Yang ini adalah sebuah situs jejaring sosial dimana pengguna dapat berbagi foto dari acara favorit, minat dan hobi. Bukan hanya untuk berbagi file / foto biasa lho, kita juga bisa mengelompokkan foto-foto tersebut dalam berbagai kategori sesuai dengan objek foto tersebut.

Contohnya: kategori "Musik" untuk berbagai foto yang berhubungan dengan musik, kategori "Makanan dan Minuman" untuk foto-foto yang berhubungan dengan makanan / minuman favorit anda, lalu ada kategori "Liburan / Tavelling" untuk memuat foto-foto saat liburan anda, dan masih banyak lagi.

Pinterest ini dirikan sejak sekitar tahun 2010 oleh para pendiri-nya yaitu Paul Sciarra, Evan Sharp, and Ben Silbermann.

Hal menariknya adalah kita bisa dengan upload foto ke pinboard, lalu bisa nge-pin (PinIt / Pinning) suatu gambar yang di bagikan melalui website atau jejaring sosial lainnya. Ada juga re-pin yang sama fungsinya dengan re-tweet pada twitter.

Namun untuk di Indonesia atau negara Asia lainnya pinterest ini kurang populer jika dibandingkan jejaring sosial yang mudah lainnya. Apakah anda punya akun Pinterest? Enjoy it ya ^_^



#6. Tumblr.com

Yak yang ini adalah sebuah jejaring sosial dimana penggunanya bisa memmbuat post berbentuk blog mini yang dapat dilihat di dashboard pengguna lain yang mengikuti blog kita.

Awal mula diperkenalkan sekitar tahun 2007 oleh pendirinya yaitu David Karp dan saat ini dimiliki oleh Yahoo Inc. Pada Tumblr, pengguna tidak hanya bisa memposting teks, tetapi juga gambar, video, link, dan banyak lagi. Pengguna juga bisa menghubungkan akun Tumblr ke jejaring sosial lainnya seperti facebook dan twitter.

Sehingga setiap posting di Tumblr akan masuk dan tertampil di jejaring lainnya. Juga ada fitur re-blog seperti re-tweet pada twitter, lalu tag dan penjadwalan post. Seperti halnya penyedia blog / website lainnya, di tumblr ini kita juga bisa mendesign tampilan dengan HTML, sehingga kita bisa edit tampilan sekeren mungkin sesuai selera kita masing-masing.

Namun mungkin yang membedakan-nya dengan blog / website profesional adalah di Tumblr ini memang berbasis jejaring sosial, jadi yang di posting pun lebih sering sesuatu yang bersifat pribadi dan keseharian, namanya juga microblogging kan.

Untuk yang ingin negblog sambil santai bersosial ria, Tumblr adalah tempat yang pas untuk anda. Ayo dicoba ^_^



#7. Flickr.com

Yang ini juga merupakan sebuah jejaring sosial untuk berbagi foto. Pada flickr memungkinkan kita untuk men-tag foto dengan kata kunci yang populer, sehingga foto dan video kita dapat terindeks secara luas oleh mesin pencarian gambar. Wuih mantabz.

Flickr atau dibaca Flicker pertama kali di perkenalkan sekitar tahun 2004 oleh Ludicorp. Namun pada sekitar tahun 2005, Yahoo Inc telah mengambil alih Ludicorp dan Flickr tentunya. (Simak: Website Photo Sharing Terpopuler).

Keaneka ragaman gambar yang sharing, membuat Flickr sering dijadikan sebagai bahan referensi gambar dan survey bagi para blogger dan pemilik website. Untuk dapat mengakses foto dan video pada Flickr ini tidak harus punya akun khusus di Flickr.

Pengguna yang sudah mendaftar bisa membuat profil untuk publik dan juga bisa menambahkan pengguna Flickr lainnya sebagai kontak. Untuk ponsel, Flickr bisa diakses dari iOS, Android, Windows Phone.

Jadi bagi yang suka fotografi, melukis dan shoot video, bisa jadikan Flickr ini sebagai wadah untuk mempublish karya dan sekalian bersosial juga. Yuk mulai kembangkan Hobi ^_^



#8. Linkedin.com
Yang ini adalah jejaring sosial yang lebih kepada jaringan bisnis. Intinya, linkedin ini lebih tepat bila digunakan untuk bersosial dan berelasi di komunitas bisnis.

Jadi, dengan mempunyai akun di linkedin ini kita bisa terhubung dengan orang-orang profesional didunia bisnis seluruh dunia. Wah asyik kan ^_^

Seperti keterangan di homepage Linkedin:
  • Membangun identitas profesional online dan tetap berhubungan dengan rekan-rekan bisnis atau teman sekelas.
  • Temukan peluang menjadi profesional, transaksi bisnis lebih mudah, dan meniti usaha baru.
  • Dapatkan berita terbaru, penuh inspirasi, dan raih wawasan baru yang Anda butuhkan untuk menjadi lebih profesional.
Pertama kali diperkenalkan yaitu sekitar tahun 2003 oleh penemu utamanya Reid Hoffman, Allen Blue, Konstantin Guericke, Eric Ly dan Jean-Luc Vaillant. Lalu yang menjadi kunci utama linkedin saat ini adalah Reid Hoffman (Chairman) dan Jeff Weiner (CEO).

Linkedin menyediakan lebih dari 20 bahasa layanan termasuk bahasa Indonesia. Beberapa hal menarik yang bisa kita dapatkan di linkedin ini adalah: Para pengusaha bisa mencari calon pekerja yang potensial, pencari kerja juga bisa meninjau profil perusahaan atau manajer HRD.

Pengguna dapat saling terhubung pada banyak perusahaan dan juga sesama teman pencari kerja, bisa saling komentar dan mengucapkan selamat bila ada yang mendapatkan pekerjaan. Dan banyak lagi.

Untuk keamanan juga lumayan bagus, bila kita asal mengirimkan invite kepada orang lain tanpa prosedur dan malah mengganggu, maka bisa saja akun linkedin kita dihapus oleh tim linkedin. Harus extra hati-hati ya menggunakan linkedin ini. Apakah anda sudah mencoba? ^_^



#9. Ask.Fm

Yang satu ini adalah sebuah situs jejaring sosial yang memungkinkan kita untuk bertanya dan memperolah jawaban. Begini lho, cara kerja Ask Fm ini mirip dengan Yahoo answer.

Bila kita mempunyai pertanyaan mengenai berbagai macam hal, kita bisa mem-posting pertanyaan lalu akan dijawab oleh pengguna Ask fm lainnya. Biasanya yang menjawab adalah orang-orang ahli atau setidaknya orang yang pernah punya pengalaman dari hal yang kita tanyakan. Bagus kan tuh.

Awal mula diperkenalkan adalah sekitar tahun 2010, di dirikan oleh dua saudara Ilja Terebin dan Mark Terebin dari Litvia. Namun pada tahun 2014 ini, IAC yang merupakan pemilik Ask.com mengambil alih Ask Fm. Fitur baru pada Ask Fm adalah pengguna bisa men-submit pertanyaan bersama dengan sebuah file berformat GIF.

Tetapi harus waspada juga kalau mau bertanya disini ya. Karena bersifat publik, dimana semua orang bisa membaca dan berkomentar, berusahalah untuk bertanya tentang hal-hal yang wajar. Sudah banyak juga kasus dimana pengguna di bully atau malah lebih parah lagi. (Aduh tidak usah dibahas lebih lanjut ya, ngeri).

Untuk yang ingin punya jawaban dan penyelesaian masalah, bisa jadikan Ask.fm ini tempat untuk berkonsultasi (tetap harus hati-hati ya). Ask fm juga sudah menyediakan bahasa Indonesia sebagai layanan, jadi bisa lebih mempermudah. ^_^


#10. Social 'chat' Apps

Yaaaa, yang ini agak berbeda dari list yang lainnya, karena merupakan penyedia jejaring sosial yang bersifat sangat pribadi dan biasanya hanya bisa diakses melalui ponsel (Baik itu Nokia, Android, iOS, Blackberry, Windows Phone, Symbian).

Hampir bisa dipastikan setiap orang didunia punya atau setidaknya pernah memakai aplikasi-aplikasi ini di ponsel mereka sebagai pengganti fitur sms untuk berkomunikasi.

Aplikasi chat ini lebih praktis dari sms atau email, yaitu bisa diakses dengan internet dari kartu sim atau dengan koneksi wifi. Kita bisa berkomunikasi dengan kerabat, teman dan rekan bisnis kapan saja dan dimana saja.

Perbedaan cara berkomunikasi pada masing-masing aplikasi juga tidak terlalu banyak, semuanya menyediakan cara komunikasi personal dan juga percakapan grup.

Yang berbeda hanya dari cara menambahkan teman (dengan pin / nomor telepon / user ID) dan juga perbedaan dari segi hiburan (emoticon / sticker, file sharing, voice call dan video call).

Nah sudah tau social networking terpopuler kan. Yang mana yang paling anda sukai? Wah jangan-jangan tidak ada ya? :-D .. Kalau begitu, saya beri informasi tambahan Social Networking / Social Media lainnya yang ada di dunia Internet. Ini dia:
  • path.com
  • tagged.com
  • vine.co
  • vk.com
  • meetme.com
  • meetup.com
Ini juga penting: 5 Jenis Media Sosial

Penggunaan jejaring-jejaring sosial ini tidak hanya melalui perangkat komputer/laptop saja, untuk zaman sekarang ini lebih banyak pengguna yang lebih suka memakai perangkat pribadi seperti smartphone.
Yang pasti, pandai-pandailah memanfaatkan perkembangan teknologi, dalam bentuk apapun dan situasi apapun. Jangan terlalu takjub sampai lupa hal yang nyata. Stay positive, okie.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar